SELF ESTEEM

self-esteem atau harga diri adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan perasaan subjektif seorang individu, terhadap dirinya sendiri tentang nilai diri. Dalam arti kata, self-esteem merujuk pada cara Anda menghargai, mengapresiasi, dan menyukai diri sendiri.

Keyakinan akan nilai seseorang sebagai manusia adalah sumber psikologis yang berharga dan umumnya merupakan faktor yang sangat positif dalam kehidupan; Hal ini berkorelasi dengan prestasi, hubungan baik, dan kepuasan. Memiliki sedikit harga diri dapat menyebabkan orang menjadi depresi, gagal mencapai potensi mereka, atau menoleransi hubungan dan situasi yang kasar.

Terlalu banyak mencintai diri sendiri, di sisi lain, menghasilkan rasa berhak dan ketidakmampuan untuk belajar dari kegagalan. Ini juga bisa menjadi tanda narsisme klinis, di mana individu mungkin berperilaku egois, arogan, dan manipulatif. Mungkin tidak ada topik swadaya lain yang melahirkan begitu banyak nasihat dan begitu banyak teori (seringkali bertentangan).

FAKTOR PENDORONG SELF ESTEEM
Harga diri mulai terbentuk pada anak usia dini. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga diri antara lain:
• Percaya diri
• Perasaan aman
• Identitas dan latar belakang sosial
• Rasa memiliki
• Perasaan kompetensi
• Pikiran dan persepsi
• Bagaimana orang lain bereaksi terhadap Anda
• Pengalaman di rumah, sekolah, tempat kerja dan di masyarakat
• Penyakit bawaan, keterbatasan kondisi, atau cedera yang dialami
• Usia
• Peran dan status dalam masyarakat
• Opini yang diciptakan media massa

TIPE TIPE SELF ESTEEM
1. Harga diri yang tinggi dan stabil
Tipe ini bisa sesuai dengan harga diri yang kuat atau tinggi, karena orang dengan harga diri tipe ini tidak terpengaruh oleh apa yang terjadi di sekitar mereka secara negatif. Selain itu, ia mampu mempertahankan sudut pandangnya dengan cara yang tenang dan sukses dari waktu ke waktu tanpa runtuh.
2. Harga diri yang tinggi dan tidak stabil
Orang-orang ini juga dicirikan oleh harga diri yang tinggi tetapi tidak mempertahankannya tepat waktu. Mereka biasanya tidak memiliki alat yang cukup untuk mengatasi lingkungan yang penuh tekanan yang sering membuat mereka tidak stabil, sehingga mereka tidak menerima kegagalan atau menerima posisi yang berlawanan.
3. harga diri rendah namun stabil
Orang-orang ini dicirikan oleh meremehkan setiap saat, yaitu dengan berpikir bahwa mereka tidak dapat melakukan apa yang mereka usulkan. Di sisi lain, mereka sangat ragu-ragu dan takut salah, sehingga mereka akan selalu mencari dukungan orang lain. Mereka juga tidak memperjuangkan pandangan mereka karena mereka umumnya dinilai negatif.
4. Tidak stabil dan harga diri rendah
Kita dapat mengatakan bahwa orang yang memiliki harga diri ini adalah mereka yang lebih suka tidak diperhatikan setiap saat dan yang berpikir bahwa mereka tidak bisa mendapatkan apa-apa. Di sisi lain, mereka biasanya sangat sensitif dan berpengaruh dan lebih memilih untuk tidak menghadapi siapa pun meskipun mereka tahu bahwa orang lain tidak benar.
5. Harga diri yang terus meningkat
Orang dengan jenis harga diri ini ditandai dengan memiliki kepribadian yang kuat dan percaya diri lebih baik daripada orang-orang yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, mereka tidak pernah mendengarkan atau memperhatikan mereka. Mereka juga sering menyalahkan orang lain dalam situasi stres dan memiliki ego yang sangat besar. Mereka tidak mampu memperbaiki kesalahan mereka sendiri atau mengkritik diri mereka sendiri. Mereka dicirikan dengan sangat materialistis dan dangkal.

PENTINGNYA SELF ESTEEM
Harga diri mengacu pada keyakinan seseorang tentang nilai dan nilai mereka sendiri. Ini juga berkaitan dengan perasaan yang dialami orang-orang yang mengikuti dari rasa layak atau tidak layak mereka. Harga diri penting karena sangat mempengaruhi pilihan dan keputusan orang. Dengan kata lain, harga diri melayani fungsi motivasi dengan membuatnya lebih atau kurang mungkin bahwa orang akan mengurus diri mereka sendiri dan mengeksplorasi potensi penuh mereka.

Orang dengan harga diri yang tinggi juga merupakan orang yang termotivasi untuk menjaga diri sendiri dan terus berusaha untuk mencapai tujuan dan aspirasi pribadi. Orang-orang dengan harga diri yang lebih rendah cenderung tidak menganggap diri mereka layak untuk hasil yang bahagia atau mampu mencapainya dan cenderung membiarkan hal-hal penting meluncur dan menjadi kurang gigih dan tangguh dalam hal mengatasi kesulitan. Mereka mungkin memiliki tujuan yang sama dengan orang-orang dengan harga diri yang lebih tinggi, tetapi mereka umumnya kurang termotivasi untuk mengejarnya sampai pada kesimpulan mereka.

Harga diri adalah konsep yang agak abstrak; sulit bagi seseorang yang belum memilikinya untuk mengetahui bagaimana rasanya memilikinya. Salah satu cara bagi orang-orang yang memiliki harga diri yang lebih rendah untuk mulai menghargai bagaimana rasanya memiliki harga diri yang lebih tinggi adalah dengan mempertimbangkan bagaimana perasaan mereka tentang hal-hal dalam hidup mereka yang mereka hargai.

Misalnya, beberapa orang sangat menyukai mobil. Karena mobil penting bagi mereka, orang-orang ini merawat mobil mereka dengan sangat baik. Mereka membuat keputusan yang baik tentang di mana memarkir mobil, seberapa sering harus diservis, dan bagaimana mereka akan mengendarainya. Mereka mungkin mendekorasi mobil dan kemudian memamerkannya kepada orang lain dengan bangga. Harga diri memang seperti itu, kecuali diri Anda sendirilah yang Anda cintai, sayangi, dan banggakan. Ketika anak-anak percaya bahwa mereka berharga dan penting, mereka merawat diri mereka sendiri dengan baik. Mereka membuat keputusan yang baik tentang diri mereka sendiri yang meningkatkan nilai mereka daripada merusaknya.

LOW ESTEEM VS HEALTH SELF ESTEEM
Low self-esteem
Ketika Anda memiliki harga diri yang rendah atau negatif, Anda tidak menghargai pendapat dan ide Anda. Anda berfokus pada kelemahan dan kesalahan yang Anda rasakan dan memberikan sedikit pujian pada keterampilan dan aset Anda. Anda percaya bahwa orang lain lebih mampu atau sukses. Anda mungkin mengalami kesulitan menerima umpan balik positif. Anda mungkin takut gagal, yang dapat menghambat Anda untuk berhasil di tempat kerja atau sekolah.

Harga diri yang rendah dapat ditunjukkan dalam berbagai cara. Jika Anda memiliki harga diri yang rendah:
1. Anda mungkin percaya bahwa orang lain lebih baik dari Anda.
2. Anda mungkin merasa sulit untuk mengungkapkan kebutuhan Anda.
3. Anda mungkin fokus pada kelemahan Anda.
4. Anda mungkin sering mengalami ketakutan, keraguan diri, dan kekhawatiran.
5. Anda mungkin memiliki pandangan negatif tentang kehidupan dan merasa kurang kendali
6. Anda mungkin memiliki ketakutan yang kuat akan kegagalan.
7. Anda mungkin mengalami kesulitan menerima umpan balik positif.
8. Anda mungkin mengalami kesulitan untuk mengatakan tidak dan menetapkan batasan.
9. Anda dapat menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan Anda sendiri.
10. Anda mungkin berjuang dengan percaya diri

Health self-esteem
Harga diri yang sehat. Ketika Anda memiliki harga diri yang sehat, itu berarti Anda memiliki pandangan yang seimbang dan akurat tentang diri Anda sendiri. Ada beberapa cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda memiliki harga diri yang sehat. Anda mungkin memiliki harga diri yang sehat jika Anda:
1. Hindari memikirkan pengalaman negatif masa lalu
2. Percayalah kamu sama dengan orang lain, tidak lebih baik dan tidak lebih buruk
3. Ekspresikan kebutuhan Anda
4. Merasa percaya diri
5. Memiliki pandangan positif tentang hidup
6. Katakan tidak saat kamu mau
7. Lihat kekuatan dan kelemahan Anda secara keseluruhan dan terimalah itu

Memiliki harga diri yang sehat dapat membantu memotivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda, karena Anda dapat menavigasi kehidupan dengan mengetahui bahwa Anda mampu mencapai apa yang Anda tetapkan. Selain itu, ketika Anda memiliki harga diri yang sehat, Anda dapat menetapkan batasan yang tepat dalam hubungan dan menjaga hubungan yang sehat dengan diri sendiri dan orang lain.

MANFAAT HEALTH SELF-ESTEEM
Ketika Anda menghargai diri sendiri dan memiliki harga diri yang baik, Anda merasa aman dan berharga. Anda umumnya memiliki hubungan yang positif dengan orang lain dan merasa percaya diri dengan kemampuan Anda. Anda juga terbuka untuk pembelajaran dan umpan balik, yang dapat membantu Anda memperoleh dan menguasai keterampilan baru.

Dengan harga diri yang sehat, Anda akan mendapat banyak manfaat seperti:
1. Tegas dalam mengekspresikan kebutuhan dan pendapat Anda
2. Percaya diri dengan kemampuan Anda untuk membuat keputusan
3. Mampu membentuk hubungan yang aman dan jujur — dan kecil kemungkinannya untuk tetap berada dalam hubungan yang tidak sehat
4. Realistis dalam harapan Anda dan cenderung tidak terlalu kritis terhadap diri sendiri dan orang lain
5. Lebih tangguh dan lebih mampu mengatasi stres dan kemunduran

Harga diri mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan Anda. Mempertahankan pandangan yang sehat dan realistis tentang diri Anda bukanlah tentang anda merasa minder saat minta maaf jika melakukan kesalahan atau sekedar status sosial yang anda terima. Namun juga mengenai bagaimana anda begitu potensial dalam memanfaatkan keahlian anda di sekolah ataupun di tempat kerja.

Sumber:
www.lifepersona.com
yourlifecounts.org
www.psychologytoday.com
www.sehatq.com
www.verywellmind.com
www.mayoclinic.org
www.mentalhelp.net

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *