AFIRMASI?

BENTUK POSITIF THINKING ATAU SEKEDAR HALU?

Kalian tau gak sih apa itu afirmasi?
Apa benar afirmasi bentuk dari pikiran positif?

Menurut KBBI, penetapan yang positif; penegasan; peneguhan. (kbbi.id) Andi dalam bukunya mengatakan jika afirmasi merupakan sekumpulan kata yang memiliki makna, maksud, tujuan dan pengharapan sesungguhnya (Andi hakim:2010) sedangkan menurut Almatin, Afirmasi adalah pernyataan singkat, sederhana, dan mengandung hal hal yang positif, yang diulang baik secara pelan dan diucapkan keras secara bersamaan, yang ditujukan untuk memengaruhi dan membangun keyakinan. (Isma Almatin:2010)

Sehingga jika disimpulkan afirmasi adalah sebuah kata kata positif yang jika dikatakan berulang akan merangsang otak untuk mewujudkan kata-kata tersebut dalam sebuah tindakan
Afirmasi ini dapat mengubah sudut pandang seseorang di dalam menyikapi kehidupan serta lingkungan di sekitarnya. Alhasil, afirmasi ini pun akan membuat pikiran kita lebih positif. (pendidikan.co.id)
Untuk memberikan afirmasi positif ke diri sendiri, Anda cukup mencari ucapan atau pernyataan yang diperlukan untuk membangun rasa percaya diri, mendorong perubahan positif, dan motivasi di dalam pikiran.Misalnya, Anda adalah orang yang sering takut berbicara di depan umum. Maka, contoh kalimat afirmasi positif yang bisa diucapkan adalah, “Aku adalah orang yang berani dan bisa lancar persentasi di depan kelas.” (sehatq.com)

MANFAAT AFIRMASI DIANTARANYA IALAH SEBAGAI BERIKUT:
1. Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri ini sangat berpotensi untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri. Misalnya, berilah afirmasi positif pada diri sendiri bahwa Anda itu bukanlah pribadi yang lemah, anda adalah seorang kreatif dan bisa mengerjakan apapun dengan mudah. Secara tidak langsung diri kita itu juga akan semakin percaya diri didalam menghadapi tiap-tiap tantangan yang ada. (Pendidikan.co.id)

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Kebahagiaan ini ialah salah satu vitamin manjur untuk bisa membuat tubuh tetap sehat serta bersemangan. Kebahagiaan ini sebenarnya ialah sesuatu hal yang sederhana namun tidak seluruh orang menyadari kehadirannya.
Dengan memberikan afirmasi positif pada diri sendiri itu tentu akan membuat Anda lebih bergembira. Oleh sebab itu, tubuh juga terhindar dari beragam penyakit. Salah satu bentuk manfaat lain dari afirmasi yaitu pada saat seseorang menderita sebuah penyakit. Penyakit tersebut tidak akan hilang hanya dengan meratapinya. Akan tetapi, kita harus dapat melawannya dengan memberikan banyak supply kata-kata positif. (Pendidikan.co.id)

3. Menjauhkan Dari Depresi
Selain untuk kesehatan tubuh, kesehatan jiwa juga itu sangat penting untuk dijaga. Bahkan, pikiran yang tidak sehat tentu akan membuat tubuh ini juga menjadi lemas. Untuk itu, cobalah untuk menyemangati diri sendiri dengan beragam kata-kata positif. Katakan pada diri sendiri bahwa seluruh kebutuhan sudah terpenuhi, seluruh tugas sudah terselesaikan atau juga pbentuk afrmasi positif lainnya. (Pendidikan.co.id)

4. Memberikan Kenyamanan Diri
Terlalu banyak hal yang dipikirkan tentu akan membuat kehidupan itu menjadi tidak nyaman, termasuk kenyamanan diri sendiri. Namun, dengan adanya afirmasi positif ini maka rasa nyaman pada diri sendiri akan meningkat.
Seseorang itu hanya perlu meyakini bahwa segala bentuk keinginan pasti bisa diraih. Apabial saat ini masih belum tercapai, maka berusahalah lagi esok hari. (Pendidikan.co.id)

5. Membuat Diri Lebih Bahagia
Dengan afirmasi positif di diri sendiri itu bahwa segala upaya yang dilakukan itu akan membuahkan hasil positif, maka seseorang itu juga akan menjadi lebih bahagia. Dan tentu saja kata-kata di dalam afirmasi tersebut harus dilandasi dengan kepercayaan bahwa seseorang itu dapat meraih hal-hal yang diinginkan sehingga akan menjadi kenyataan. (Pendidikan.co.id)

6. Mencegah perilaku berbahaya
Mempraktikkan afirmasi positif secara rutin akan membuat kita menjadi orang yang tidak begitu defensif ketika dihadapkan pada sebuah ancaman.Sebagai contoh, berusaha berhenti mempraktikkan kebiasaan afirmasi secara rutin, seorang perokok akan lebih berani menghadapi informasi-informasi yang menyebutkan secara detail kerugian dari merokok.Sementara itu perokok yang tidak melakukan afirmasi positif, cenderung akan menghindari informasi itu. Intinya, afirmasi positif akan membuat kita bisa lebih kuat bertahan di situasi yang membuat tidak nyaman, termasuk saat ada informasi kesehatan yang benar tapi bagi sebagian orang dirasa menakutkan.

7. Membuka jalan sukses untuk masa depan
Rutin mengucapkan afirmasi positif pada diri sendiri, akan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan munculnya rasa percaya diri, Anda akan lebih berani mengambil kesempatan yang bisa menguntungkan masa depan.Bahkan, jika afirmasi positif dilakukan dalam lingkungan yang kompetitif seperti saat perlombaan, ujian, hingga pekerjaan, secara tidak langsung akan mendorong diri Anda untuk meningkatkan kemampuan atau skill sekaligus karakter.

CONTOH KALIMAT AFIRMASI POSITIF
1. Saya layak untuk hidup yang bahagia.
2. Saya mempunyai tubuh yang sehat dan energi yang melimpah.
3. Masa depan saya tidak bergantung pada masa lalu saya.
4. Saya mencintai dan menerima diri saya sepenuhnya.
5. Saya punya kendali penuh atas cara saya merespon semua situasi.
6. Sukses adalah hak saya.
7. Saya bisa melakukan hal-hal yang besar.
8. Saya percaya pada intuisi dan pengetahuan saya.
9. Saya akan menciptakan hari yang lebih baik dengan menolong orang lain.
10. Dunia sekeliling saya penuh dengan kesempatan.
11. Saya bersemangat dan penuh dengan potensi.
12. Saya bisa menguasai emosi diri saya.
13. Tidak ada orang yang bisa mematahkan semangat saya.
14. Semua hal yang terjadi dalam kehidupan saya adalah untuk kebaikan saya.
15. Saya memaafkan mereka yang telah merugikan saya di masa lalu dan saya berdamai dengan itu. (motivasipebisnis.com)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *