Richard Wayne Bandler adalah seorang jenius yang lahir di Teaneck, sebuah kota kecil di New Jersey, Amerika pada 24 Februari 1950.
Richard Bandler merupakan seorang ahli pemrograman komputer dan fisika dari University of Santa California. Ia menciptakan NLP bersama John Grinder pada tahun 1970. Karena memiliki kesamaan minat itulah keduanya memadukan keahlian mereka pada bidang komputer , linguistik, dan menyusun model perilaku nonverbal manusia. Pada saat Bandler menjadi mahasiswa di Universitas Santa Carolina, Bandler juga memimpin kelompok terapi Gestalt. Menurut John Grinder yang merupakan seorang profesor di Universitas berkata bahwa ia mampu menjelaskan hampir semua pertanyaan dan komentar yang dibuat Bandler menggunakan tata bahasa transformasional. Grinder sendiri memiliki spesialisasi dibidang linguistik. Kemudian mereka bersama menciptakan apa yang mereka sebut kelompok pelatihan terapis. Kelompok tersebut berfokus penggunaan bahasa sebagai agen perubahan. Kemudian, mereka fokus pada penggunaan bahasa untuk memahami dan menggunakan “sistem representasi”. Pengajaran dan pembinaan siswa menghasilkan pengembangan model yang ditujukan untuk terapi, dan model ini disebut Meta-Model. Ini adalah dasar untuk buku pertama mereka, The Structure of Magic (1975).
#BanyakTahuLebihBaik

Sumber: Wikipedia/Richard Bandler
Wikipedia/NLP
www.businessballs.com

Jurnal: Anita Lashkariana, Sima Sayadiana (2015) The effect of Neuro Linguistic Programming (NLP) techniques on young Iranian EFL Learners’ motivation, learning improvement, and on teacher’s success Jurnal: Wikanengsih (2012): MENERAPKAN NEUROLINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) DALAM PEMBELAJARAN

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *