STRATEGI & TIPS MENGATASI MENTAL BLOCK

Sudah lebih dari dua tahun, Indonesia dalam pandemi yang belum teratasi dengan baik. Selain angka kemiskinan yang kian meningkat, ancaman psikologi juga muncul saat era pandemi ini baik untuk para pekerja dewasa atau anak yang sedang mengampu pendidikan. Banyak diantara mereka yang merasa jika belajar di rumah tidak memberikan solusi edukasi dan tidak optimalnya belajar karena para pendidik tidak dapat memastikan secara langsung jika anak tersebut belum dan atau tidak mengerti materi yang diberikan. Belum lagi banyak sektor yang tidak mampu bertahan akibat berkurangnya sales income perusahaan yang menyebabkan pengurangan pegawai hingga berujung pailit. Ini juga meningkatkan mental block banyak orang karena ketidakmampuan bertahan di era pandemi ini

Mental block membuat anda menjadi tidak produktif karena anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu. Membuat anda merasa pekerjaan yang telah anda capai saat ini menjadi sia-sia dan kini anda tidak lagi merasa mampu mengambil keputusan besar karena takut gagal

STRATEGI UNTUK KELUAR DARI ZONA MENTAL BLOCK
Ada empat strategi dasar untuk mengatasi mental block Anda:
1. Menemukan
2. Menghapus
3. Mengurangi
4. Mengubah

Mari kita lihat lebih dekat strategi-strategi ini dan cara Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi mental block Anda.
Strategi 1: Temukan Penyebabnya
Bayangkan bahwa salah satu blok Anda adalah keraguan diri. Untuk mengetahui dari mana keraguan diri itu berasal, lihatlah nilai-nilai Anda. Mungkin Anda menghargai kerendahan hati dan kejujuran. Tetapi mungkin kepribadian Anda juga cenderung ke arah perfeksionisme, dan sebagai akibatnya, Anda mengalami kesulitan untuk menghargai diri sendiri atau mengenali pencapaian Anda sendiri ketika mereka gagal mencapai kesempurnaan. Kaarena sempurna adalah standar yang mustahil untuk dicapai.

Kombinasi kepribadian khusus Anda dan nilai-nilai inti Anda mengarah pada rasa keraguan diri yang melemahkan dan, kemungkinan besar, frustrasi yang mendalam dengan konflik antara ambisi besar Anda dan kurangnya kemampuan yang Anda rasakan sendiri. Karena Anda tidak dapat menghargai diri sendiri untuk sesuatu yang kurang sempurna, Anda tidak mengenali keterampilan dan kemampuan yang Anda miliki. Dan karena Anda menghargai kerendahan hati dan kejujuran, Anda tidak akan berpura-pura lebih terampil atau mampu daripada yang Anda kira sebenarnya. Yang benar adalah bahwa Anda terampil dan mampu, tetapi kepribadian dan nilai Anda sendiri menghalangi Anda. Keraguan diri yang dihasilkan mencekik Anda setiap kali Anda menangani sebuah proyek.

Untuk mengungkap penyebab mental block Anda, cobalah satu atau lebih taktik berikut:
Ketahui Nilai Anda
Buatlah daftar nilai-nilai inti Anda dan kemudian tentukan masing-masing. Anda dapat memeriksa dan membantu Anda menentukan nilai Anda sendiri. Saat Anda mendefinisikan nilai-nilai Anda, Anda mungkin melihat koneksi ke mental block yang memperlambat Anda.

Tanya Kenapa
Mengapa saya berpikir ini? Mengapa saya merasakan ini? Mengapa saya mengatakan ini pada diri saya sendiri? Teruslah bertanya mengapa dan terus ikuti mengapa di lubang kelinci. Sering kali Anda akan menemukan jawabannya terkubur jauh di masa lalu Anda, nilai-nilai Anda, dan/atau kepribadian Anda. Bertanya pada diri sendiri “mengapa” juga akan membantu Anda menemukan tujuan Anda.

Temukan Contoh
Untuk setiap nilai inti yang Anda sebutkan, buatlah seseorang atau penyebab (atau banyak hal) yang mewakili nilai khusus itu untuk Anda. Kemudian cari hubungan antara contoh nilai tersebut dan mental block Anda. Mungkin contoh kerendahan hati Anda adalah seseorang yang Anda kenal yang sangat rendah hati, tetapi juga tidak menonjolkan diri dan sering dianiaya. Akibatnya, Anda mungkin menyamakan menjadi rendah hati dengan menjadi korban, yang membawa Anda ke jebakan perbandingan dan pola pikir tetap.

Cari Konflik
Pindai daftar contoh Anda, dari atas, dan cari konflik di antara mereka. Anda mungkin menghargai kesuksesan dan, keramahan. Tidak ada konflik yang jelas di sana – Anda bisa sukses dan bersahabat – tetapi perhatikan, misalnya, jika contoh kesuksesan Anda adalah orang-orang berprestasi tinggi yang tertutup. Maka itu akan membuat Anda berpikir bahwa Anda hanya bisa sukses dengan bersikap tidak ramah; karena saat Anda menghargai keramahan, Anda terus-menerus menolak atau merusak kesuksesan Anda sendiri. Saat Anda mengungkap keyakinan, nilai, atau konflik yang telah menciptakan mental block Anda, Anda dapat mulai membatalkannya dan mengatur ulang polanya. Definisikan kembali nilai-nilai Anda. Munculkan definisi baru. Temukan contoh baru. Kenali konflik dan pikirkan tentang mereka. Anda tidak harus mengubah nilai inti atau kepribadian Anda, tetapi Anda juga tidak harus membiarkannya menghasilkan konsekuensi negatif.

Strategi 2: Hapus Block
Terkadang hambatan dalam lanskap mental Anda telah ada di sana untuk waktu yang sangat lama.
Sering kali, mental block tumbuh dari pengalaman atau instruksi yang kecil dan tampaknya tidak berbahaya. Bahkan, instruksi masa kanak-kanak sering mengambil kehidupan mereka sendiri dan menjadi merugikan kecuali Anda melakukan pekerjaan untuk membongkar mereka. Anda mungkin telah diajari sebagai seorang anak untuk mendengarkan dengan hormat kepada orang yang lebih tua; itu bukan masalah besar kecuali jika itu tertanam dalam pikiran Anda dan tumbuh menjadi monolog yang berulang tanpa henti yang memberi tahu Anda bahwa suara dan pendapat Anda tidak memiliki nilai. Apakah itu yang dimaksud dengan instruksi ketika diberikan kepada Anda? Tentu saja tidak. Tetapi Anda dapat menerima pesan, menambahkan pengalaman lain ke dalamnya, salah memahami semuanya, dan menumbuknya menjadi kekacauan mental yang besar.

Untuk mulai menghilangkan mental block yang tidak ada di otak Anda, cobalah taktik ini:
Rekam Monolognya
Sadarilah frasa dan pola berulang dalam monolog internal Anda. Seperti dibahas di atas, itu adalah petunjuk tentang mental block yang Anda bawa dan keyakinan di baliknya. Tuliskan apa yang Anda dengar, dan Anda mungkin menyadari betapa jauhnya hal itu dari kebenaran. Atau Anda mungkin mengenali dari mana asalnya. Semakin banyak Anda tahu tentang isi pikiran Anda sendiri, semakin banyak kekuatan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasinya.

Lacak Sumbernya
Dengan risiko terdengar seperti seorang psikolog yang mencari ingatan yang tertekan, berikut adalah beberapa saran: tanyakan “Dari mana asalnya?” dan “Kapan saya pertama kali mendengar ini?” tentang pesan negatif dalam monolog internal Anda. Masa kanak-kanak yang bahagia dan keluarga yang penuh kasih masih dapat menghasilkan pesan-pesan internal yang tidak masuk akal untuk kehidupan sebagai orang dewasa. Tarik mereka keluar dan periksa. Pikirkan tentang apa yang sebenarnya mereka maksudkan. Pertahankan apa yang baik dan masuk akal. Biarkan sisanya pergi.

Kumpulkan Bukti
Ketika Anda mendapati diri Anda menghadapi gejala mental block – apakah itu ketakutan, kecemasan, rasa tidak aman, atau kurang fokus – mintalah pikiran Anda sendiri untuk memberikan bukti yang mendukungnya. Misalnya, jika pikiran Anda memberi tahu Anda bahwa Anda tidak bisa fokus, cobalah buat lima alasan mengapa saat ini anda tidak dapat fokus terhadap sesuatu. Tulislah mengapa beserta alasannya. Sehingga anda bisa mencari solusi dari hal Itu.

Strategi 3: Kurangi Kekuatan Hambatannya
Banyak mental block memiliki tujuan di luar efek negatifnya pada aliran kreatif Anda; sebenarnya, jika Anda melihatnya dalam spektrum penuh, Anda mungkin tidak ingin menghilangkannya.
Kecenderungan Anda terhadap ketidakpastian, misalnya, dapat membuat Anda terus-menerus ragu-ragu. Namun, ketidakpastian itu juga merupakan bagian dari kemampuan lain yang berguna: kemampuan untuk mengevaluasi pilihan, menganalisis berbagai tindakan, mengantisipasi rintangan, dan menyusun strategi yang dioptimalkan untuk mencapai tujuan tertentu. Kemampuan tersebut dapat membantu proses kreatif Anda, membantu Anda menghindari kelelahan, dan menunjukkan kepada Anda bagaimana membangun alur kerja yang efisien yang mengarah pada kualitas dan kuantitas yang lebih besar dalam pekerjaan Anda. Kuncinya adalah belajar bagaimana menggunakan kemampuan itu tanpa membiarkan mereka mengendalikan Anda.
Cobalah taktik ini untuk mengurangi kekuatan yang mungkin dimiliki mental block atas Anda sehingga Anda dapat menggunakannya, tetapi tetap di tempatnya:

Tetapkan persentase
Setelah Anda mengidentifikasi mental block tertentu, tetapkan persentase untuk itu yang membatasi seberapa besar pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan Anda. Semisal, Anda mungkin memberi ketidakpastian Anda dengan batas pengaruh 30%. Saat Anda menilai pilihan Anda, biarkan ketidakpastian Anda menjelajahinya, dan beri tahu Anda. Ini memiliki wawasan yang berharga. Terapkan wawasan tersebut, tetapi dengan peringkat pengaruh 30%, sehingga keputusan akhir Anda lebih sedikit dipengaruhi oleh ketidakpastian dan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lain (seperti tujuan akhir Anda, dan batas waktu Anda).

Ketahui resiko
Ketakutan memainkan peran besar dalam mental block anda. Anda sering bereaksi negatif terhadap situasi atau kewajiban karena Anda takut gagal atau hasil yang berpotensi negatif. Jika Anda meluangkan waktu untuk mengidentifikasi risiko sebenarnya dalam pengalaman apa pun, Anda sering kali dapat mengurangi rasa takut dan dengan demikian mengendalikan reaksi Anda terhadap rasa takut itu. Dengan begitu, Anda dapat menilai risiko dan mengevaluasi cara menanganinya tanpa membiarkan rasa takut berperan terlalu besar.

Tidak sekarang
Ketika mental block dan monolog terkait muncul di waktu yang tidak tepat, berjanjilah untuk mengatakan pada diri anda sendiri bahwa “Tidak sekarang,” atau bisa diartinya. Bukan saatnya untuk khawatir. Itu adalah ungkapan yang dapat Anda gunakan. Catat, kekhawatiran atau keraguan yang kemudian di interpretasikan dengan tindakan saat itulah anda harus mengingat mengingat kembali ke catatan yang Anda pertimbangkan, dan tindak lanjuti seperlunya; penting bahwa Anda dapat mempercayai diri sendiri.

Strategi 4: Ubah Mental Block
Beberapa mental block memiliki potensi untuk menjadi sekutu kuat Anda dalam kreativitas yang produktif. Perasaan atau tanggapan negatif dapat membuat Anda lebih berempati kepada orang lain yang memiliki pengalaman yang sama. Empati membantu Anda menjadi komunikator yang lebih baik dan anda akan jadi orang yang lebih baik secara keseluruhan.
Jika perbandingan adalah mental block Anda, ubahlah menjadi alat untuk menghubungkan dan dorongan. Ketika Anda merasa perbandingan mengambil alih perhatian anda, mulailah ambil tindakan. Lakukan panggilan, tulis email, atau kirim pesan ke orang yang Anda kagumi. Beri tahu mereka apa yang Anda kagumi dari apa yang mereka lakukan. Sebarkan pujian. Jadilah asli. Jangan meminta apa pun.

Jika Anda memperlakukan perbandingan sebagai sarana koneksi setiap kali mulai memperlambat Anda, Anda akan mendapatkan dua hasil: pertama, Anda akan mulai membangun jaringan luar biasa dari orang-orang yang benar-benar Anda kagumi. Itu hasil yang luar biasa dengan sendirinya. Kedua, Anda akan mengubah perbandingan menjadi kesetaraan. Dengan menjangkau alih-alih menggantung di balik bayang-bayang, Anda membangun keterampilan Anda sendiri dan kurang fokus pada perbedaan Anda dan lebih banyak pada kesamaan Anda. Ini mengubah emosi negatif menjadi positif.

Cobalah taktik berikut untuk mengubah mental block menjadi kebiasaan yang kuat dan positif:
Ambil Tindakan
Seperti pada contoh perbandingan di atas, temukan tindakan (atau beberapa tindakan) yang dapat Anda lakukan ketika mental block Anda mulai memperlambat Anda. Perbandingan bisa menjadi koneksi. Berjuang dengan mindset yang tetap? Coba cari kata yang tepat yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan energi negatif anda. Temukan tindakan positif dan lakukan, setiap saat, untuk mengubah hambatan menjadi aset.

Bicara Tentang Mental Block
Orang lain pernah mengalami apa yang Anda alami. Tanpa kita sadari, banyak diantara mereka yang memiliki kesamaan dengan kita. Bicaralah pada orang lain dan kemukakan pendapat anda. Sertakan pendapat jujur Anda tentang perjuangan Anda dalam tulisan dan komunikasi Anda. Temukan komunitas orang-orang yang mengerti. Tujuannya bukan untuk duduk-duduk mengasihani diri sendiri, tetapi untuk berbagi cerita dan solusi. Kamu tidak sendiri. Ini bagus untuk mengetahui itu.

Pelajari Polanya
Jika Anda tahu bahwa saat hari-hari hujan kelabu menyebabkan perasaan kehilangan motivasi dan itu mengarah pada kurangnya kemajuan dan kurangnya kemajuan mengarah pada ketidakpastian dan segera Anda benar-benar tergelincir. Hentikan siklus sebelum dimulai dengan mengetahui apa penyebabnya. Setelah Anda 65% ke dalam siklus, lebih sulit untuk memperlambatnya. Cari pola dan loop dan identifikasi pemicunya. Kebiasaan buruk dalam terlarut pada kenangan menyedihkan akan membuat anda tetap dalam lubang yang sama. Sama saja seperti anda menjilati luka anda sendiri dan membuat anda kehilangan motivasi. Namun jika anda sudah mengenali polanyabKemudian Anda dapat mengambil tindakan, mencari bantuan, atau menjadwalkan istirahat segera setelah Anda melihat pemicunya. Anda akan benar benar lega setelah keluar dari pola tersebut

Setel Ulang Sendiri
Buatlah daftar tindakan positif, bantuan, sumber daya, dan orang-orang yang dapat membantu Anda ketika siklus dipicu. Misalnya, ketika Anda memiliki banyak tenggat waktu yang menjulang, Anda mungkin memperhatikan bahwa keraguan diri mulai berteriak keras di kepala Anda. Segera Anda tidak dapat fokus, Anda tidak membuat kemajuan pada apa pun, dan Anda merasa lebih kewalahan dan kurang berkualitas sepanjang waktu. Kembangkan beberapa mekanisme koping untuk digunakan untuk mengatur ulang diri Anda: buat daftar dan gunakan saat Anda merasa buntu.

Membersihkan jalan bagi kreativitas yang produktif berarti membersihkan mental block Anda. Kita semua memilikinya. Dan membersihkannya bukanlah pekerjaan satu jam di sini atau sore di sana; itu sedang berlangsung. Tetapi semakin banyak kesadaran yang Anda masukkan ke dalam cara Anda berpikir, semakin banyak kontrol sadar yang dapat Anda berikan atas pola mental Anda.
Anda tidak harus menerima mental block Anda sebagai cara berpikir standar. Ambil kembali kekuatannya! Identifikasi dan bongkar – atau, setidaknya, kurangi – mental block yang memperlambat Anda dan kembali ke keadaan alami kreativitas produktif Anda.

TIPS MENGATASI MENTAL BLOCK DI TEMPAT KERJA
Pecahkan Project Anda
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi mental block di tempat kerja adalah dengan memecah proyek Anda menjadi tugas dan aktivitas yang lebih kecil. Jika Anda kewalahan dengan ukuran proyek atau berapa banyak yang tersisa untuk dilakukan, mudah untuk membuat kemajuan dengan menangani tugas sekecil mungkin terlebih dahulu. Buat peta proyek anda dengan meletakkan prioritas yang lebih besar ke yang lebih kecil maka anda akan dapat mengerjakan semuanya secara perlahan

Rapikan Ruang Kerja Anda
Jika lingkungan kerja Anda berantakan, pikiran Anda mungkin juga berantakan. Kebersihan ruang kerja Anda dapat mempengaruhi pemikiran dan kinerja Anda di tempat kerja. Karena ruang kerja yang berantakan membuat anda tidak nyaman dalam bekerja. Sehingga Meja yang tertata membantu Anda menemukan dan menjangkau alat tanpa mengganggu alur Anda.

Buat Jeda
Jika Anda tidak berhasil mencoba mengatasi mental block, hal terbaik berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah memberi jeda. Cobalah beberapa aktivitas yang tidak berhubungan seperti memecahkan teka-teki silang, mencuci piring, atau berbicara dengan teman. Istirahat membantu untuk mengatur ulang pikiran Anda dan menghubungkan titik-titik. Anda bahkan bisa tidur siang untuk membiarkan alam bawah sadar Anda bekerja melalui mental block

Keluar dari Perspektif
Sering kali, Mental block disebabkan oleh terjebak dalam pemikiran Anda tentang suatu masalah atau proyek. Mengekspos diri Anda pada ide-ide baru memberi Anda perspektif dan solusi berbeda untuk pekerjaan Anda. Cobalah membaca artikel, berbicara dengan orang lain, dan melakukan riset online. Anda juga dapat mengatasi mental block dengan menggunakan template untuk memandu dan menguraikan pekerjaan Anda. Jangan pernah memaksakan persepsi anda apabila anda merasa itu sudah buntu. Keluar lah dari persepsi tersebut dan mencari alternatif lain

Kendalikan Ego Anda
Jika Anda memperhatikan monolog batin Anda, Anda akan melihat pola pikir yang menghalangi kemajuan Anda – ketakutan, perfeksionisme, sindrom penipu, atau bahkan kombinasi dari beberapa emosi. Ketika Anda tahu apa pola pikir ini, Anda bisa mengatasinya. Berolahraga, bermeditasi, dan menulis jurnal adalah cara yang bagus untuk menjadi lebih sadar dan mengendalikan obrolan batin Anda.

Tingkatkan Keterampilan Anda
Merasa tidak mampu adalah salah satu alasan utama mengapa orang mengalami mental block. Jika Anda merasa tidak siap untuk suatu proyek, Anda harus meluangkan waktu untuk meneliti, belajar, dan berlatih. Seiring waktu, Anda akan merasa cukup nyaman untuk mengatasi hambatan mental dan berkinerja lebih baik di tempat kerja.

Mengurangi Stres
Jadwal harian dapat membantu Anda mengurangi stres. Mengetahui apa yang harus Anda lakukan, mengurangi kebutuhan untuk pengambilan keputusan. Pada gilirannya, ini mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan efisiensi Anda. Menjaga pekerjaan dan ruang kerja Anda tetap teratur juga membantu mengurangi stres dan kecemasan di tempat kerja.

Pisahkan Pekerjaan Anda
Membagi pekerjaan Anda dan menetapkan tenggat waktu awal untuk tugas-tugas penting meringankan hambatan mental yang bisa datang dari perasaan kewalahan dengan terlalu banyak yang harus dilakukan. Alat manajemen proyek Wrike menyediakan ruang kerja dan pribadi bagi Anda untuk mengatur dan menjadwalkan tugas sendiri atau bersama tim Anda.

Gunakan Ketakutan Anda Secara Positif
Jika Anda yakin Anda akan gagal bahkan sebelum memulai sebuah proyek, Anda mungkin menyabotase diri sendiri atau berkinerja buruk, menciptakan ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Manfaatkan ketakutan Anda dengan mempersiapkan hasil proyek yang merugikan, serta yang positif. Ketika Anda menyadari semua yang bisa salah, Anda lebih siap untuk menghadapinya, terutama dalam tahap perencanaan proyek.

Menulis Bebas (Freewrite)
Saat kamu merasa mandek, mulailah menulis tentang apa pun yang ada di pikiranmu. Teknik ini disebut freewriting. Teknik freewriting ini adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi mental block. Biasanya, teknik ini digunakan oleh penulis prosa untuk bertukar pikiran tentang poin plot baru dan menghidupkan kembali proses berpikir.
Teknik ini dikenal juga sebagai salah satu cara mengatasi writer’s block. Luangkan 10 hingga 15 menit dan tulis semua yang kamu pikirkan, baik yang terkait maupun yang tidak terkait dengan pekerjaanmu. Ini mungkin dimulai sebagai halaman kosong, tetapi ide akan segera mulai mengalir.

Fokus Pada Masa Sekarang
Terlalu sibuk memikirkan masa lalu atau masa depan bisa jadi memicu terjadinya mental block. Sehingga membuat anda tidak dapat menyelesaikan anda yang ada di depan mata. Sehingga cobalah luangkan waktu, lalu pusatkan perhatian pada momen saat ini, lakukan latihan pernapasan sampai merasa tenang.

Istirahat
Istirahat adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental dan mengatasi hambatan. Tidur 7-9 jam secara teratur setiap malam membuat pikiran Anda tetap tajam dan siap. Jika Anda memaksakan diri tanpa henti, otak Anda yang lelah akan mengeluarkan mental block.

Sumber:
Asianefficiensy.com
Wrike.com
Glints.com
Tirto.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *